Sepenggal Isi dari Buku Awe-Inspiring Me

Menjadi muslimah pada zaman modern ini merupakan tantangan sekaligus kesempatan. Tantangan karena ujian yang semakin beraneka macam bentuknya dan kesempatan karena banyak peluang yang bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan potensi diri. Sebagai muslimah tentu harus dalam koridor agama islam sebagai arahan dalam hidup hingga akhir menuju Sang Pencipta, Allah SWT. Banyak pilihan bukan berarti bebas memilih. Menjadi muslimah berarti wajib patuh dengan segala hal yang menjadi aturan dalam agama islam. Namun bukan tanpa alasan, peraturan tersebut pastilah untuk menjaga diri agar bisa selamat dunia dan akhirat.

Lalu apakah sudah sering kita melakukan evaluasi diri? Jangan-jangan masih banyak hal yang tidak diketahui atau malah apa yang sudah dianggap benar ternyata tidak. Hidup adalah soal terus belajar. Hidup adalah anugerah. Lalu apakah akan dilalui biasa-biasa saja? Memaksimalkan potensi diri dan menjadikannya kebermanfaatan bagi banyak umat adalah nilai tambah dan menurut saya merupakan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kita kelebihan. Setiap manusia diciptakan dengan keunikan sendiri, memiliki kekurangan dan kelebihan . Mengenai kelebihan, sayang sekali kalau tidak digali dan dimaksimalkan, bukan? Terlebih kalau hal tersebut membawa kebaikan. Kebaikan yang untuk menggapai ridho Allah SWT.

Bulan Mei lalu saya membeli sebuah buku yang membuat saya semakin termotivasi untuk menjadi lebih baik. Buku tersebut adalah ‘Awe-Inspiring Me’ nya Mbak Dewi Nur Aisyah. Awe-berarti sesuatu yang mengagumkan, hingga tanpa terasa kamu berkata, “Woaa…” dengan mata berbinar. Penulisnya, Dewi Nur Aisyah adalah seorang student-mom yang sekarang sedang kuliah S3 di University College London. Seorang istri, ibu dan mahasiswi yang juga aktif dalam organisasi, social project dan kompetisi-kompetisi internasional. Masha Allah, inspiratif sekali, ya. Saat membaca buku ini pun saya seperti tertular energy-nya Mbak Dewi. Buku ini dirilis bulan januari 2017 lalu dan bulan mei sudah dicetak ulang. Saya sampai penasaran isinya karena sebelumnya sudah liat spoiler buku ini dari akun sosmed dan blognya Mbak Dewi. Alhamdulillah terbeli juga dan tidak menyesal, malah saya rekomen dan ingin berbagi sedikit isi dari buku ini.

Secara fisik, buku ini berukuran 13 x 19 cm dengan 231 halaman. Cover berwarna pink! Dengan ilustrasi dan desain grafis yang chic. Bahasa pengantar yang ringan namun dengan kandungan yang berbobot. Diterbitkan oleh penerbit Ikon dan saat saya membeli waktu itu harganya Rp 53.200,- di toko buku online Serambi. Secara garis besar, buku berisi mengenai apa dan bagaimana seorang muslimah menghadapi berbagai tantangan kehidupan serta membuat perencanaan hidup. Buku ini bonus life plan paper yang bisa diisi sendiri oleh pembeli.

x
Daftar Isi Buku Awe-Inspiring Me

Saya paling tertarik dengan bahasan Tawazun, mengingat banyak permasalahan saya dalam kurun terakhir ini adalah karena saya kurang paham hal tersebut, hehe. Apa sih itu tawazun? Saya kasih pemaparannya dari buku awe-inspiring me ini, ya. Tawazun berasal dari kata tawazana yang artinya seimbang. Adalah kemampuan seseorang untuk berlaku seimbang yang akan mengantarkannya pada kondisi yang stabil, sehat, aman, dan nyaman. Allah fitrahkan kita, manusia, memiliki 3 potensi yaitu Al-Jasad (jasmani), Al-Aql (akal), dan Ar-Ruh (rohani). Ketiga hal tersebut haruslah dalam keadaan yang seimbang.

xx
Bab Tawazun, Buku Awe-Inspiring Me

Jasadiyah, mengenai menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Tubuh yang sakit dan rapuh akan membatasi kita dalam melakukan berbagai kegiatan termasuk untuk beribadah.

“Sesungguhnya mukmin yang kuat itu lebih disukai Allah daripada mukmin yang lemah.” (HR Muslim, Ahmad, Ibnu Majah, dan An-nasa’i)

Menjaga jasad/ tubuh dapat dilakukan dengan beberapa cara : mencukupi kesehatan gizi, sarapan, mempertahankan berat badan ideal, olahraga teratur, istirahat yang cukup, memperhatikan kebersihan dan periksa kesehatan secara teratur. Periksa kesehatan contoh sederhana nya yaitu mengecek kadar gula darah, kolesterol, dan asam urat kita.

Fikriyah, mengenai menjaga akal. Adalah nikmat besar yang Allah berikan kepada kita. Dengan akal kita dapat memilah mana yang kebaikan dan mana yang keburukan,serta dengan berakal kita akan ditunjukkan bukti kekuasaan Allah SWT. Banyak manfaat jika akal digunakan dan digali potensinya dengan baik, namun perlu usaha dan niatan. Einsten yang dikatakan manusia jenius pun butuh usaha keras untuk menggunakan dan mengasah akalnya.

Ruhiyah, sebuah kondisi yang menggambarkan tingkat kedekatan seorang hamba kepada Rabb-Nya. Kualitas hidup muslim bergantung kepada kondisi ruhiyahnya. Semakin baik ruhiyahnya, seamkin berkualitas hidupnya. Beberapa cara menjaga kondisi ruhiyah kita antara lain : berdzikir, menyibukkan diri dengan amalan kebaikan meskipun hanya sedikit, menjaga ritme ibadah, bergaul di lingkungan yang baik, dan menimba ilmu yang bermanfaat.

Jasad, akal, dan ruh itu merupakan satu paket yang harus seimbang yang dapat membawa kita dalam keuntungan yang besar di dunia maupun di akhirat.

Demikian sedikit cuplikan dari buku Awe-Inspiring Me semoga dapat membawa manfaat, ya. Terus gali dan kembangkan potensi diri. BTW buku ini dilengkapi dengan jurnal / plan paper yang bisa digunakan untuk merancang hidup kita di masa depan. Takdir memang Allah yang tentukan tapi tidak ada salahnya jika kita berusaha dan memilih untuk menjadi manusia yang lebih baik dari hari ke hari.

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah nasibnya “ Ar-Ra’d : 11

Yuk, jadi muslimah yang luar biasa ^^

xxxx
Buku Awe-Inspiring Me, Dewi Nur Aisyah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s