Lettering dan Kaligrafi, apakah sama?

Beberapa kurun terakhir banyak peminat tulisan indah bermunculan. Tidak hanya peminat, tetapi para pelaku/ artist tulisan indah ini juga menunjukkan keahliannya. Baik pelaku yang sudah memiliki jam terbang tinggi maupun yang masih baru. Seperti sebuah teka-teki antara ayam dan telur. Koneksi dari pelaku sampai peminat yang kemudian menjadi pengguna-pun banyak yang bermunculan. Entah darimana yang memulai tetapi sampai detik ini hal tersebut nyata terjadi. Disukai dan dibutuhkan. Sungguh sinergi yang positif, semua saling terkait dan mendukung.
Meraba-raba dari awal merebaknya tulisan indah ini, bisa jadi dari hits-nya instagram disekitar tahun 2012. Dari feed instagram tersebut banyak artist lettering dan kaligrafi yang memposting karyanya. Tidak hanya itu mereka juga menunjukkan proses, tips, dan tutorial singkat. Layaknya membuat dunia sendiri, secara masif hal ini dikumpulkan dalam tagar tagar #lettering #handlettering #calligraphy dsb. Maka semakin mudah untuk mencarinya. Berawal dari koneksi lewat dunia maya berlanjut dengan meet up. Komunitas-komunitas lettering dan kaligrafi banyak terbentuk dari instagram ini.

index-2pngindex
Di Indonesia sendiri ada beberapa komunitas lettering dan kaligrafi, salah duanya adalah Kaligrafina dan Belmen (Belajar Menulis). Dua komunitas ini bisa dibilang pelopor komunitas lettering dan kaligrafi di Indonesia, setelah beberapa waktu berikutnya banyak bermunculan komunitas yang serupa di daerah-daerah di Indonesia. Ada Lettering Malang, Subletter, Bandung Menulis, Surakarya, Lampung Menulis, Jogja Creatype, dsb. (silahkan buka ig: Kaligafina / Belmen untuk mengetahui komunitas daerah lain). Oh ya FYI Kaligrafina ini based nya di Jakarta. Tapi pernah juga mengadakan kelas-kelas diluar Jakarta.
Kembali pada judul artikel ini (pengantarnya panjang juga ya, hehe)
Apakah lettering dan kaligrafi itu sama?
Ini hal basic yang kadang samar dipahami. Termasuk saya, sebelum dapat pencerahan dari Mas Erwin dan Mbak Fitri dari Kaligafina sewaktu acara meet up Kaligrafina kliling Jawa di Malang sekitar satu tahun yang lalu. Padahal waktu itu saya sudah hampir setahun juga belajar lettering dan kaligrafi tapi belum ngeh.
Meskipun hasilnya kadang sama, tapi prosesnya berbeda. Lettering itu menggambar tulisan menjadi indah. Sedangkan kaligrafi menulis tulisan menjadi indah.

Lettering itu menggambar tulisan menjadi indah. Sedangkan kaligrafi menulis tulisan menjadi indah

Proses detailnya, lettering diawali dengan sketsa pensil yang kemudian di finishing dengan tinta. Untuk lettering, medianya tidak hanya sebatas kertas tetapi bisa di papan tulis, tembok, helm, kain, dsb. Tentu dalam prosesnya pasti dengan cara digambar terlebih dahulu. Kadang juga ditambah dengan gambar ilustrasi dan aksen visual yang lain (efek tekstur, efek bayangan, efek timbul, dll). Sedangkan untuk kaligrafi langsung membuat tulisan di media. Seringnya memang di media kertas untuk kaligrafi ini. Alat yang dipakai pun berbeda-beda, tentu dengan hasil tulisan yang berbeda pula. Dilansir dari wawancara kaligrafina di www.wadezig.com ada tiga macam untuk kaligrafi
1. Pena dengan ujung lebar menghasilkan huruf Gothic/ Blackletter, Italic, Roman

67892
Parallel Pen. source : http://www.jetpens.com

2. Pena dengan ujung tajam tapi fleksibel kalau ditekan untuk menulis, bernama pointed pen. Menghasilkan tulisan copperplate.

92875-1
Pointed Pen. source : http://www.jetpens.com

3. Dengan pena berujung kuas. Biasanya menghasilkan huruf jenis script.

13414165_1004390769674946_1075553782_n
Brush Calligraphy. source instagram : @aksarupa

 

Proses pengerjaan lettering

Image result for hand lettering steps
Hand Lettering Process. source : http://www.creativemarket.com

Proses pengerjaan kaligrafi

Image result
Calligraphy Process. source : http://www.rickandrose.com

Jadi meskipun hasilnya kadang terlihat sama, tapi prosesnya sedikit berbeda.

 

2 thoughts on “Lettering dan Kaligrafi, apakah sama?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s