Renungan 24, tentang doa-doa dan pelajaran yang berharga

Latepost! Sebenarnya sudah hampir sebulan lalu, tanggap warsa yang ke 24. Rasanya nggak percaya sudah hampir seperempat abad hidup di dunia. Lalu hal apa yang sudah saya lakukan selama ini? Rasanya kok banyak yang belum saya lakukan ya. Huhu..Semoga masih diberi kesempatan untuk mengisi sisa hidup ini dengan hal yang berkah dan bermanfaat. Aamiin.

Udah gitu aja?

Belum.

lala

Saya jarang sekali merencanakan sesuatu pada hari ulang tahun, membuat perayaan misalnya. Hanya dulu waktu bertepatan dengan wisuda di bulan oktober, sekalian syukuran dirumah. Itupun juga sederhana. Selebihnya, sampai saat ini pun hari ulang tahun ya berlalu begitu saja. Lebih merenungkan, evaluasi terhadap apa saja yang sudah lakukan selama ini.

Kejutan manis dari teman dan sahabat merupakan sesuatu yang patut disyukuri. Feel so loved. Mulai dari acara tiup lilin di kantor, di rumah, ucapan dan doa dari whats app, line, dsb membuat saya berpikir ternyata benar-benar banyak hal yang patut disyukuri. Saya terharu. Walaupun pada saat itu mungkin wajah saya terlihat datar-datar saja. (((: Percayalah semua itu sangat berkesan bagi saya.

lalalla
kejutan H-1 dari teman kantor
tata
ada yang dateng kerumah ❤

Tahun ini banyak sekali pelajaran yang saya dapatkan, terutama untuk masalah kesehatan. Beberapa kali saya ke dokter karena sering pusing dan badan yang bergetar tidak tanggung-tanggung sekalian tes lab juga. Hasilnya saya tidak apa-apa, semuanya normal. Lalu dokter bilang mungkin capek dan cemas berlebih. Capek, baiklah kadang saya memang memaksa tubuh saya ini untuk mengikuti apa yang saya inginkan. Saya sering tak acuh dengan tubuh saya yang sudah lelah. Saya meminta maaf pada diri sendiri. Lalu mencoba mendengarkan sinyal tubuh, kapan waktu beristirahat, olahraga, dsb. Saya mencoba menyeimbangakan semuanya. Tentang mengejar keinginan yang ujungnya badan kita sakit, rasanya percuma juga, kan?

Saya tidak merasa memiliki kecemasan yang berlebih. Saya rasa setiap orang wajib cemas. Cemas dengan apa-apa yang terjadi terhadap dirinya sendiri. Cemas terhadap hal-hal yang tidak sesuai dan mungkin bisa berujung ke hal-hal yang tidak baik. Cemas yang membawa kita berpikir tentang sesuatu, agar hidup tidak lempeng-lempeng saja. Tapi memang semua yang berlebihan itu tidak baik. Saya sendiri benar-benar tidak merasa memiliki kecemasan berlebih. Tapi hal tersebut mungkin lain dengan apa yang badan saya rasakan. Saya percaya sih kadang penyakit memang datangnya bisa dari psikis. Haha, baiklah lalu saya tersadar apa ada hubungannya dengan pikiran ya? Saya termasuk orang yang mikiran. Saya tidak akan lega kalau ada sesuatu yang belum selesai, belum tuntas. Semua hal bisa saya pikirkan sekaligus. Dan hal ini yang sering membuat saya tidak tenang.

Saya mediskusikan hal ini kepada beberapa teman dan ada yang mengusulkan untuk membuat jurnal. Ah, kenapa baru terpikir, ya? Mulai dari situ saya bisa mengatur kegiatan jangka pendek dan jangka panjang. Jadi tidak semua hal dipikirkan sekaligus. Hari ini ya mikir yang hari ini saja. Life in the moment, Life in the present. Mengontrol pikiran agar tidak terlalu kemana-mana. Ya boleh, lah mikir untuk sesuatu jangka panjang, tapi usahakan tidak terlalu ngoyo. Karena masa depan, kan juga tergantung apa yang kita lakukan saat ini, iya apa iya?

Menuju 25 dan dipenghujung 2016 ini saya berharap bisa mengatur waktu dengan baik. Kesehatan, karier, keluarga, teman, mengejar impian, semuanya bisa seimbang. Menjadi pribadi yang lebih baik dan dekat dengan Tuhan. Selalu beryukur atas nikmat yang Dia berikan. Terima kasih untuk teman dan sahabat, doa-doa dan kasih sayang kalian. Untuk keluarga dan orang tua yang kasihnya sepanjang masa. Dan yang terakhir, berterimakasihlah juga kepada diri sendiri ya, Naila

2 thoughts on “Renungan 24, tentang doa-doa dan pelajaran yang berharga

Leave a Reply

