Halo Perpustakaan Kota

Sudah lama rasanya saya tidak berkunjung ke tempat ini, kurang lebih satu tahun. Dulu waktu kuliah kadang-kadang kesini untuk meminjam buku novel atau sekedar mengisi jam-jam kosong. Yah, walaupun saya bukan termasuk orang yang rajin membaca buku setidaknya saya masih suka untuk membaca atau sekedar meminjam. Dimana buku itu dibawa pulang lalu tau tau udah seminggu aja dan saya baru membaca beberapa halaman, diperpanjang lagi sampai akhirnya memaksakan untuk membacanya sampai selesai XD

Perpustakaan-Kota-Malang-702x336 copy
source : http://www.malangpagi.com

Jadi beberapa hari yang lalu saya berkunjung lagi ke Perpustakaan kota Malang. Lokasinya sangat strategis tepat di depan museum brawijaya di jalan ijen malang. Saya kesana sekitar pukul 18.00 wib. Saya hendak meminjam buku, tapi ada hal yang baru saya sadari. Kartu Anggota saya udah out of date, alias harus registrasi ulang plus cetak kartu. Ini berarti saya tidak bisa meminjam buku T.T Saya sempat senang waktu itu karena masih ada staf di tempat registrasi anggota. Saya berharap saat itu bisa registrasi dan bikin kartu anggota yang baru, tapi apa daya jam untuk pelayanan kartu anggota sudah habis. Waktu berkunjung memang sampai malam, tapi untuk jam pelayanan hanya dibatasi sampai jam 4 sore. Pupus harapan …. Akhirnya saya tetap ke lantai 2 (tempat koleksi buku, karena lantai 1 hanya untuk tempat administrasi, lobby, dan perpus anak). Saya mencari buku lewat katalog digital di komputer yang disediakan di perpustakan tersebut. Saya cari di rak, ketemu, lalu saya sembunyikan selipkan di paling pojok agar nanti kalau kesini bisa langsung saya ambil. Ngga rugi-rugi bangetlah malam itu ke perpus 🙂

DSC_0676 copy
jadwal layanan pembuatan kartu anggota

Beberapa hari selanjutnya, tepatnya hari minggu saya berkunjung ke perpus lagi. Ternyata di hari minggu lumayan rame walaupun hari libur ( atau saya yang baru tau ya karena jarang sekali ke perpus di hari minggu). Saya kesana siang hari dan bertemu dengan staf layanan anggotanya. Bikin kartu baru dong dan langsung foto di TKP.

DSC_0685 copy
kartu anggota perpustakaan kota malang

Oiya untuk Anda yang ingin berkunjung kesini, perpustakaan kota Malang terbuka untuk umum kok. Cuma kalau umum berarti tidak bisa meminjam buku, Anda harus daftar sebagai anggota. Saya dulu daftar disini tahun 2012. Karena saya warga desa alias di kabupaten jadi ada biaya untuk pendaftarannya sebesar Rp 50.000- kalau untuk sekarang saya kurang tau apakah tetap biayanya. kalau untuk warga kota biaya pendaftarannya gratis. 🙂
Dari lantai satu Anda bisa menitipkan tas dan jaket di tempat penitipan, cukup setor ktp/ ktm/ sim lalu dapet kunci lemari. Nah seperti yang tadi saya bilang, koleksi bukunya ada di lantai 2. Selain ada rak buku dan buku-bukunya, jangan kuatir, disini ada meja dan tempat lesehan untuk membaca. Ada wifinya juga lho 😀 tapi hanya di lantai 2 aja ternyata, waktu saya turun ke lantai 1 wifi nya mati :)) Disini juga ada musholla di lantai 1 dan cilok di parkiran yang siap mengisi perut anda ketika lapar berlama-lama disini.

DSC_0679 copy

DSC_0677 copy
suasana dan tempat perpustkaan kota malang

Leave a Reply

